Dibuka Kursus untuk Indonesia
HP : 081231480647 (ANDRI)
WA : 087855489933 (ERFAN)

PIN BB : 7540A07C (ERFAN)
Yahoo Messenger :

10 Tips Merawat Laptop agar Lebih Awet

Tips Merawat Laptop agar Awet dan Tahan Lama, service macbook surabaya, service laptop mati total, servis laptop surabaya,


10 Tips Merawat Laptop agar Awet dan Tahan Lama - Kebanyakan orang mengabaikan perawatan laptop mereka masing-masing dan mereka tidak sadar alangkah pentingnya merawat laptop yang tujuannya agar laptop berumur lebih lama (awet).

Merawat laptop harus sama seperti menjaga barang kesayangan, yang selalu dijaga kebersihannya dan kualitasnya. Walaupun laptop dan notebook sudah banyak kita temukan di pasaran dan sudah menjadi barang yang mudah kita dapatkan, bukan berarti kita mengabaikan kondisi kesehatan laptop kita.

Berikut ini ada beberapa tips merawat laptop agar lebih awet.

1. Pakailah Pendingin Laptop
  • Misalnya seperti coolpad yang diletakkan di bawah laptop, kipas coolpad akan berputar yang tujuannya untuk meminimalisir panas berlebih (overheat) pada prossesor.  Jika panas berlebih sering kita abaikan maka laptop akan sering hang.
2. Bersihkan Layar Laptop
  • Debu sering menempel pada layar laptop, jika di biarkan maka akan menyebar dan masuk ke bagian dalam laptop. Bersihkan layar laptop secara rutin menggunakan kain halus agar tidak menggores layarnya. Saya sarankan untuk membeli pelindung layar (screen protector) guna melindungi layar dari goresan dan juga debu.


Baca juga : 9 Kerusakan Laptop dan Solusi Cara Memperbaikinya



3. Bersikan Optical Drive Laptop
  • Membersikan Optical Drive/DVD ROM sangat penting juga, karena bagian ini sangan rentan terkena debu. Bersikan Optical Drive secara rutin dan berhati-hatilah ketika memasukan CD/DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat sensitif.
4. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Bantal atau Kasur
  • Walaupun menggunakan laptop di atas bantal atau kasur itu lebih nyaman, sebaiknya hal tersebut dikurangi. Karena panas yang dikeluarkan dari laptop tidak akan keluar dengan baik, dan akan cepat mengalami overheat. Efek jangka panjangnya adalah performa laptop menjadi lebih lambat.
5. Hati-Hati dalam Mendownlod Software
  • Virus akan mudah masuk ke dalam komputer dan akan merusak program apabila anda mengunduh file yang sembarangan. Untuk mengantisipasinya yaitu menginstal app Antivirus (diutamakan yang berlisensi/original) supaya lebih aman.
6. Pasang aplikasi Advanced SystemCare
  • Ini adalah aplikasi untuk melindungi dan mengoptimalkan kinerja komputer. Aplikasi ini memberikan perlindungan secara otomatis, all in one PCHealthCare, dengan anti spyware, melakukan tune up, dan membersihkan file yang tidak di perlukan lagi. Aplikasi ini juga akan memonitor penggunaan RAM, CPU, Disk, Network, suhu kecepatan kipas laptop, suhu CPU, dan suhu Mainboard.
7. Batasi Pemakaian Laptop
  • Waktu pemakaian laptop yang ideal paling lama adalah 5 jam, kemudian matikan laptop dan biarkan beristitahat. Bagi yang menggunakan laptop untuk bermain game, usahakan jangan terlalu sering, lebih baiknya jangan! Apalagi kalau gamenya berat. Apabila terlalu sering akan menyebabkan komponen di dalam laptop overheat dan parahnya, hingga menyebabkan baterai laptop bocor.
8. Pakailah Stabilizer Listrik
  • Untuk kalian yang sering bekerja menggunakan laptop dalam waktu lama tapi dengan melepas baterai, lebih diutamakan menggunakan stabilizer listrik. Stabilizer listrik berfungsi menyetabilkan aliran listrik yang masuk ke dalam laptop. Sehingga memperoleh kenyamanan anda ketika bekerja menggunakan laptop.
9. Saat Mengoperasikan Laptop, Usahakan di Ruang Bersuhu Dingin (AC)
  • Hal ini tujuannya untuk menjaga suhu laptop agar tetap stabil. Tidak hanya itu, mengoperasikan laptop di ruangan bersuhu dingin akan meminimalisir debu masuk ke dalam komputer/laptop anda. Tentunya anda tidak perlu repot-repot lagi membersihkan debu pada laptop anda.


Baca juga : Cara mengatasi laptop yang tidak bisa konek ke WIFI Internet


10. Hindari Menggunakan Laptop Sampai Baterai Kosong dan Hindari Menggunakan Laptop Sambil Mencharge
  • Menggunakan laptop sampai baterai kosong hingga 0% akan mengakibatkan daya tahan baterai berkurang. Usahakan mencharge baterai min hingga 5% saja, kemudian biarkan mengisi hingga 100%.
  • Selain itu menggunakan laptop sambil mencharge juga akan berpengaruh terhadap baterai, yaitu akan memperpendek usia baterai (khusus produk laptop keluaran 2005 ke bawah) itu benar-benar sangat beresiko, baterai bisa menggembung. Tapi tenang, produk laptop keluaran saat ini telah aman ketika mengoperasikan laptop sambil mencharge.

Itulah ke 10 Tips Merawat Laptop agar Awet dan Tahan Lama. Intinya agar laptop Anda bertahan lama (awet) yang harus di perhatikan adalah komponen baterainya, perhatikan panas yang di hasilkan, dan perhatikan juga performanya. Laptop Anda mudah cepat panas? Jika iya harus lakukan perawatan seperti diatas atau perawatan lebih.


Mau nambah penghasilan dari bisnis service laptop ? Yuk, ikutan kursus teknisi laptop di tempat kami dengan bimbingan intensif dari para Mentor yang sudah Ahli dan memiliki jam terbang tinggi di bidangnya.
Mau tanya-tanya dulu? Hubungi kami sekarang juga untuk info lebih lanjut.
Mohon bagikan informasi ini ya ?
 
Copyright © 2014.MATRIX LAPTOP SURABAYA - All Rights Reserved
Kursus Teknisi Laptop | Pelatihan Service Notebook | Kursus Service Laptop