Menu Melayang

4 Kerusakan Keyboard Komputer yang Paling Umum

cara memperbaiki keyboard laptop bunyi, memperbaiki keyboard rusak pada laptop, mengatasi keyboard laptop mati total,


Di jaman yang semakin canggih peran keyboard fisik pada komputer mungkin bisa digantikan oleh virtual keyboard dengan menggunakan teknologi touchscreen, tapi untuk sebagian orang ternyata lebih nyaman dengan menggunakan keyboard fisik.

Mengingat fungsi keyboard pada komputer atau laptop sangat penting maka jika mengalami kerusakan akan sangat mengganggu aktivitas kita dalam berkomputer. Tapi masalahnya keyboard memang salah satu hardware yang sangat rentan terhadap kerusakan.

Jika Anda mengikuti kursus teknisi laptop kami maka perbaikan keyboard ini akan menjadi salah satu materinya. Tahukah Anda dua hal yang sering menjadi penyebab kerusakan keyboard? Debu dan lembab!

Memakai laptop di ruangan yang tertutup dan bersih tidak menjamin terbebas dari debu. Apa lagi jika memang di tempat terbuka dan dipenuhi debu tentu akan sangat beresiko membuat debu masuk ke sela-sela keyboard dan menyebabkan kerusakan pada jalur rangkaian keyboard.

Selain itu laptop yang jarang dioperasikan dan disimpan di tempat yang lembab juga bisa membuat keyboard mengalami kerusakan. Terlebih jika memang lembab yang disebabkan kehujanan di tas atau masuknya cipratan air secara tidak sengaja misalnya dari tumpahan minum dan sebagainya maka bisa mengakibatkan kerusakan lebih fatal seperti laptop mengalami mati total karena air masuk ke dalam motherboard.


Berikut adalah 4 kerusakan keyboard komputer yang paling umum dan sering ditemukan :



Beberapa Tombol Tidak Berfungsi

Mati atau tidak berfungsinya beberapa tombol pada keyboard secara bersamaan sebenarnya menandakan bahwa keyboard harus diganti. Kenapa demikian? Karena biasanya ini bersifat permanen.

Tapi meskipun begitu tidak ada salahnya sebelum memutuskan untuk membeli keyboard baru mungkin Anda bisa  melakukan pengecekan dengan cara mencopot bagian tombol keyboard yang tidak berfungsi lalu bersihkan dengan menggunakan kuas atau semprot dengan angin yang tidak terlalu kuat.

Jika setelah dipasang kembali dan ditekan dengan berbagai cara masih tidak berfungsi silakan lanjutkan rencana pembelian keyboard barunya kecuali tombol keyboard yang rusak tidak terlalu penting maka Anda bisa mengabaikannya.



Tombol Aktif Terus-menerus

Contoh kasus lain yaitu misalnya tombol huruf A yang ditekan tidak mau kembali dan terus memunculkan huruf A yang sampai banyak sekali maka solusinya adalah dengan mencopot tombol tersebut lalu memasangkannya kembali karena bisa jadi pemasangan awal tidak pas jadi ada bagian yang terjepit.

Kalau itu tidak bisa menjadi solusi,  khusus untuk keyboard komputer (bukan laptop) bisa dilepas kabel dari CPU, dibersihkan, lalu dijemur di terik matahari, kemudian dipasang lagi. Biasanya keyboard akan kembali normal meskipun tidak tertutup kemungkinan suatu ketika akan kembali kambuh.



Bunyi 'Tut' atau Beeping Saat Laptop Dinyalakan

Apakah Anda pernah mengalami disaat laptop dinyalakan ada bunyi tut atau beeping panjang sebelum masuk Windows?

Biasanya masalahnya ada pada keyboard yaitu satu atau beberapa tombol yang tertekan secara terus-menerus. Bunyi tut tersebut adalah efek samping dari tombol yang terus aktif ketika laptop baru dinyalakan.

Solusi untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan penghapus faber castell. Silakan buka keyboardnya gesekkan penghapus pada bagian pin yang berwana kuning, ingat hanya satu arah saja, jangan coba-coba dua arah karna biasanya tidak berhasil.


Multiple Output

Maksudnya adalah ketika menekan satu tombol huruf pada keyboard yang keluar di layar monitor justru dua huruf atau lebih. Kerusakan jenis ini biasanya juga bersifat permanen yang artinya sebaiknya dilakukan penggantian keyboard.

Sparepart penggantinya banyak dijual di pasaran dan harganya pun terjangkau. Proses penggantiannya sendiri cukup mudah  bahkan jika tanpa harus bongkar bodi biasanya di tempat service hanya butuh waktu 5 menit saja.

Itulah 4 kerusakan keyboard paling sering ditemukan dan merupakan salah satu materi yang akan diajarkan lebih detail di dalam kursus teknisi laptop yang kami selenggarakan.

Blog Post

Klik yang Ini Juga

Back to Top

Cari Artikel

Postingan Populer