Menu Melayang

9 Istilah yang Berkaitan dengan Kerusakan Laptop

kerusakan laptop yang sering terjadi, jenis jenis kerusakan pada laptop dan cara memperbaikinya, istilah kerusakan pada laptop,

Kerusakan laptop atau komputer bisa terjadi pada jenis atau merek apapun. Harga mahal tidak bisa menjamin 100% bahwa akan terhindar dari kerusakan. Salah satu hal yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang saat laptopnya rusak adalah dengan meminta bantuan jasa service laptop.

Faktanya memang sedikit sekali orang yang memiliki laptop dan bisa memperbaikinya sendiri. Sebetulnya jika Anda mengikuti kursus teknisi laptop di tempat kami, hal itu akan sangat bermanfaat minimal agar bisa memperbaiki laptop sendiri saat terjadi kerusakan.


Berikut adalah istilah-istilah kerusakan laptop atau komputer yang sering dibahas di dalam materi kursus teknisi laptop kami. Ini bisa digunakan misalnya untuk sekedar menjelaskan kerusakan kepada teknisi service laptop.



No Display / tidak booting / Blank
Ketika kita sudah menyalakan komputer atau laptop dengan cara menekan tombol power, lampu indikator sudah menyala bahkan kipaspun sudah bergerak tapi layar monitor tetap blank atau kosong tidak menampilkan apapun. Warna layar ini bisa hitam atau bisa juga menampilkan warna lain maka keadaan ini bisa disebut no display / tidak booting atau sebut saja blank.


No Power / mati total
Jika saat menekan tombol power lampu indikator tidak menyala bahkan tidak ada reaksi apapun termasuk ketika laptop diberi colokan kabel charger maka keadaan ini bisa disebut dengan istilah no power atau matot (mati total).


Blinking
Ini mirip dengan no display hanya saja istilah blinking ini biasanya dipakai jika lampu indikator LED menyala kelap-kelip setelah tombol power ditekan. Bahkan untuk beberapa kasus bisa juga LCD nya yang menyala kelap-kelip tapi tidak menampilkan apapun.


Bootloop
Ini lumayan sering ditemui tukang service laptop. Kondisi dimana saat laptop dinyalakan, sudah melewati proses booting tiba-tiba mati sendiri dan hidup kembali (restart) kemudian restart lagi begitu dan seterusnya berulang-ulang. Bootloop ini bisa terjadi sebelum proses startup maupun saat startup Windows.


Beeping
Pernah ketika menyalakan laptop ada bunyi 'tut' panjang secara terus-menerus? Untuk orang awam ini mungkin sangat mengkhawatirkan dan bisa membuat panik tapi sebetulnya kerusakan ini sepele yaitu disebabkan oleh salah satu tombol keyboard yang aktif terus.


Fan Noise dan Hardisk Noise
Biasanya terjadi ketika awal menyalakan laptop atau komputer yaitu terdengar suara bising seperti kipas bergesekan dengan komponen lain disekitarnya. Sedangkan jika bunyi seperti benda patah yang berulang-ulang "klek..klek..klek" itu disebabkan oleh hardisk. Suara bising ini tentu saja sangat mengganggu dan tidak bisa diacuhkan begitu saja.


Overheat
Kondisi dimana suhu dari prosesor, VGA, chipset, ataupun komponen yang lainnya mengalami panas yang sangat berlebih. Kalau sudah parah biasanya overheat ini bisa menyebabkan laptop mati dengan sendirinya. Sebetulnya ini merupakan reaksi bentuk perlindungan untuk menghindari terbakarnya komponen.


Stack / Hang
Jika Anda sedang asyik berkomputer tiba-tiba berhenti/macet, tidak bisa berjalan sama sekali ini disebut stack / hang. Biasanya solusi sementaranya adalah dengan mematikan paksa misalnya dengan mencabut baterai atau dengan menahan tombol power selama beberapa detik lalu dinyalakan kembali.


Bad Sector
Ketika laptop menjadi sangat lambat padahal sudah diinstall ulang ini bisa disebabkan oleh hardisk yang rusak. Kerusakan ini sering disebut dengan istilah bad sector. Biasanya terdapat satu sektor atau lebih yang rusak sehingga tidak dapat lagi dibaca maupun ditulis.


Itulah 9 istilah seputar kerusakan laptop yang sering digunakan di dalam dunia service komputerisasi.

Jika Anda ingin jago di bidang reparasi laptop, mengapa tidak mencoba ikut kursus teknisi laptop di tempat kami? Manfaatnya, Anda bisa memperbaiki laptop Anda sendiri jika terjadi kerusakan dan membuka jasa service laptop untuk mendapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah.

Yuk, daftar sekarang juga ! :)

Blog Post

Klik yang Ini Juga

Back to Top

Cari Artikel

Postingan Populer