Dibuka Kursus untuk Indonesia
HP : 081231480647 (ANDRI)
WA : 087855489933 (ERFAN)

PIN BB : 7540A07C (ERFAN)
Yahoo Messenger :

Baca 4 Tips Ini Sebelum Membeli Laptop Bekas agar Tidak Tertipu

cara membeli laptop bekas yang bagus, tips membeli laptop bekas agar tidak tertipu, tips sebelum membeli laptop bekas


Dengan alasan budget terbatas, membeli laptop bekas bisa dijadikan pertimbangan dari pada harus membeli laptop baru dengan selisih harga yang cukup lumayan. Namun Anda harus pintar dan jeli dalam mencari laptop bekas. Jangan sampai salah pilih barang yang setengah atau bahkan sudah rusak. Nyesel banget kan?

Kabar baiknya, saya berikan tips beli laptop bekas supaya tidak menyesal saat sudah membelinya.



Inilah 4 Tips Beli Laptop Bekas


1. Pilih Penjual Terpercaya dan Responsif

Carilah penjual laptop bekas yang terpercaya dan punya track record yang bagus. Diusahakan penjual memiliki toko offline sehingga Anda bisa datang langsung ke tokonya. Atau jika dia pemilik pribadi, datang langsung saja ke rumahnya. Jika Anda mencarinya secara online, melihat testimoni pembeli bisa jadi langkah awal yang bisa dilakukan. Misal yang sudah tercantum di website si penjual.

Pilihlah penjual yang responsif dalam membalas pesan dan pertanyaan dari Anda selaku calon pembeli.


2. Cek Spesifikasi dan Harga Laptop

Hal penting lain yang perlu Anda ketahui adalah spesifikasi dan harga rata-rata dari laptop bekas yang hendak Anda beli. Bandingkan spesifikasi dan harga di beberapa tempat lain. Paling tidak mendapat sedikit gambaran harga pasaran produknya dengan spesifikasi tertentu.

Jadilah pembeli yang pintar. Pilih penjual yang menuliskan deskripsi produknya secara jelas, baik itu spesifikasi serta plus dan minus produk yang dijual. Apabila kamu masih kurang paham, jangan ragu menghubungi si penjual.



3. Garansi dan Lama Penggunaan

Pastikan laptop yang dibeli mendapatkan jaminan garansi. Tanyakan apakah garansi resmi dari vendor laptop tersebut masih berlaku atau tidak. Jika garansi resmi sudah habis mintalah garansi personal atau toko kepada penjual dan pertimbangkan juga berapa lama dia memberikan garansi misal garansi 1 minggu, 1 bulan, dst.

Anda juga bisa menanyakan histori atau riwayat dari penggunaan laptop tersebut misal berapa lama penggunaan, apakah untuk pemakaian wajar atau gaming atau lainnya yang bisa memberikan gambaran bagaimana daya tahan laptop tersebut ke depannya.



4. Utamakan Cash On Delivery dan Cek Kondisi Laptop

Seperti yang sudah dijelaskan di poin no 1, utamakan untuk mengecek langsung kondisi barang ke tempat si penjual, atau bisa memilih opsi Cash On Delivery (COD) saat proses pembelian. Pilih lokasi janjian yang aman dan dekat keramaian. Ajaklah teman yang lebih mengerti laptop agar mudah dalam melakukan pengecekan fisik, software/OS serta kelengkapan laptop secara keseluruhan. Pastikan masih normal dan berfungsi dengan baik.

Bila kamu menemukan bagian yang tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan, coba tanyakan dan diskusikan dengan penjual. Kalau memang ketidaksesuaian antara deskripsi dengan kondisi barang yang sebenarnya misal ada cacat yang cukup parah di laptop tersebut, Anda bisaa negosiasikan sesuai dengan kondisi barangnya. Bahkan Anda bisa membatalkan pembelian jika memungkinkan.

Tanpa COD pun tidak masalah jika Anda sudah yakin dengan penjual dan spesifikasi laptop. Anda bisa memilih opsi pembayaran yang lebih aman misal transfer bank, atau juga bisa menggunakan rekening bersama alias rekber. Mintalah kepada si penjual untuk memberikan packing ekstra, agar paket Anda aman saat proses ekspedisi.




Itu dia 4 tips beli laptop bekas. Pilihlah laptop bekas dengan spesifikasi dan kondisi yang cukup baik. Jangan lupa sesuaikan dengan budget ya!


Disadur dari : Jalantikus.com
Mohon bagikan informasi ini ya ?
 
Copyright © 2014.MATRIX LAPTOP SURABAYA - All Rights Reserved
Kursus Teknisi Laptop | Pelatihan Service Notebook | Kursus Service Laptop