Menu Melayang

Cara Mudah Membersihkan Layar Laptop Menggunakan Alat Rumah Tangga Sederhana

cara membersihkan layar laptop yang kotor, cara membersihkan layar laptop dengan aman, cara membersihkan lcd laptop yg kotor

Salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh pemilik laptop adalah layarnya yang mudah sekali berdebu dan banyak kotoran. Masalah ini tentu saja membuat layar laptop jadi terlihat tidak menarik dan kurang sedap dipandang mata. Tak hanya itu, layar yang kotor juga bisa menyebabkan LCD rentan rusak. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada peralatan rumah tangga sederhana yang bisa dipakai untuk membersihkan layar laptop. Penasaran apa saja? Ini dia ulasan lengkapnya.


1. Larutan Pembersih
Alat pertama adalah dengan menggunakan larutan pembersih yang memiliki tekstur sangat lembut. Larutan pembersih yang baik harus terdiri dari air suling tawar serta tidak mengandung bahan kimia apapun. Larutan ini bisa Anda peroleh dari larutan cuka putih dan air suling dengan perbandingan 50:50. Cara penggunaannya sangat mudah, berikut ini adalah step by step yang bisa Anda lakukan.
  • Pertama, Anda cabut baterai dan adaptor daya lalu matikan komputer atau laptop. Selanjutnya, buatlah larutan pembersih layar yang bertekstur lembut. Pastikan bahwa cuka yang dipakai adalah cuka putih tawar. Jangan sampai bahan yang dipakai adalah cuka sari apel, cuka sari buah dan sejenisnya. Air suling dipilih karena memiliki kandungan yang lebih baik dibandingkan dengan air keran yang memiliki bahan kimia. 
  • Selanjutnya, masukkan ke dalam botol semprot berukuran kecil larutan yang sudah dibuat tadi. Sebaiknya, pilih botol semprot yang mampu menghasilkan uap air yang halus seperti botol parfum. Setelah larutan di masukkan ke dalam botol semprot, mulailah semprotkan larutan tersebut pada lap serat mikro. 
  • Tidak perlu merendam lap, karena Anda hanya perlu menyemprotkannya saja sedikit agar terasa lembab. Jangan merendam atau mencelupkan lap karena lap yang basah bisa mengalirkan atau meneteskan air sehingga saat membersihkan layar air larutan akan menetes pada bagian belakang layar laptop dan bisa menyebabkan kerusakan.
  • Lakukan gerakan memutar dengan lembut untuk menghilangkan kotoran pada layar menggunakan lap yang sudah disemprotkan larutan pembersih. Jangan terlalu menekan layar dan lakukan dengan sangat perlahan.

Baca juga : Tips Aman Membawa Laptop di Bagasi Pesawat



2. Lap Serat Mikro
Bahan yang bisa dipakai selanjutnya adalah lap serat mikro. Lap serat ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Bahkan lebih lembut dari tisu. Keunggulan dari lap serat mikro adalah lap ini tidak akan meninggalkan goresan atau serpihan seperti tisu atau kertas lainnya. Jangan menggunakan kaus, waslap, kaus, tisu kamar mandi, tisu dapur atau jenis lap sejenis lainnya karena dapat menyebabkan layar laptop mudah tergores. Cara pemakaian lap serat mikro adalah:
  • Pertama, Anda matikan komputer lalu cabut adaptor daya beserta baterainya. Jangan pernah membersihkan layar laptop atau komputer yang masih dalam kondisi menyala. Sebab hal tersebut bisa merusak layar laptop secara permanen.
  • Lap atau seka layar laptop dengan menggunakan lap serat mikro secara perlahan. Lakukan gerakan satu arah tanpa terlalu keras menekan layar laptop. Karena apabila terlalu keras, layar bisa cepat rusak. Jangan pula terlalu menggosoknya dengan keras karena dapat membuat layar menjadi rusak secara permanen. 


Bagaimana? Peralatan di atas sangat mudah ditemukan di rumah bukan? Perlu Anda ingat, jangan pernah memakai peralatan pembersih biasa untuk bagian layar. Jangan memakai pembersih serba guna, sabun cuci piring, pembersih jendela dan lain sebagainya. Satu-satunya bahan pembersih yang bisa digunakan dan aman untuk bagian layar laptop adalah kombinasi antara cuka dengan air suling. Atau, Anda juga bisa membeli pembersih khusus layar laptop di toko aksesoris laptop terdekat.


Baca juga : Mau income jutaan Rupiah dari profesi teknisi laptop ? Yuk, ikuti kelas kursus teknisi laptop di tempat kami

Blog Post

Klik yang Ini Juga

Back to Top

Cari Artikel

Postingan Populer