Menu Melayang

Mau Laptopmu Tahan Lama ? Ini dia caranya

cara supaya laptop tetap awet, cara supaya laptop tahan lama, cara merawat notebook agar tidak cepat rusak
Source pict : http://hackyshacky.com

Di zaman yang serba modern ini, laptop merupakan perangkat elektronik yang hampir setiap orang memilikinya. Apalagi untuk mereka yang dalam aktivitasnya memerlukan laptop. Sayangnya, banyak sekali orang yang meremehkan tata cara pemakaian laptop. Akhirnya, laptop menjadi mudah rusak sehingga harus membeli yang baru. Untuk Anda yang tidak ingin laptopnya mudah rusak dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, berikut ini adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan.


1. Lindungi laptop
  • Tips yang pertama adalah selalu letakkan laptop dengan hati-hati dan selalu dalam pengawasan. Pasalnya sekarang ini marak pencurian laptop di berbagai daerah. Agar laptop bisa tahan lama, jangan pernah Anda putar engsel layar karena hal ini bisa menyebabkan layar retak. Selain itu, Anda juga tidak boleh menutup layar saat ada buku, pensil atau pulpen di atas keyboard karena hal ini juga bisa membuat layar rusak. Layar laptop juga tidak boleh didorong secara paksa, tergores atau terbanting. 

2. Hati-hati
  • Anda harus selalu memperlakukan laptop secara hati-hati. Jangan membenturkan, menjatuhkan, atau menghimpit laptop karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada bagian hard drive. Pada beberapa kasus, kerusakan pada hard drive tersebut tidak bisa diperbaiki. Selain itu, pengguna juga dilarang untuk meletakkan minuman atau makanan di dekat laptop karena jika sampai tumpah, maka akan sangat sulit bagi Anda atau tukang service untuk memperbaikinya. Selalu bawa laptop menggunakan kedua tangan agar risiko laptop terjatuh kecil. Jangan meletakkan laptop pada tempat yang terlalu panas atau dingin. Agar laptop aman, belilah tas khusus untuk laptop. Tas ini sangat berguna untuk meminimalisir terjadinya benturan selama laptop dibawa-bawa. 

3. Menjaga kebersihan laptop
  • Tips selanjutnya adalah selalu menjaga kebersihan laptop. Caranya adalah menyeka layar dengan larutan khusus pembersih LCD, tidak terlalu banyak menggunakan stiker dan lain sebagainya.

4. Amankan baterai
  • Agar laptop Anda mampu bertahan lama, maka usahakan agar baterai laptop Anda juga memiliki masa pakai yang panjang. Caranya, Anda lepas baterai apabila laptop sudah penuh. Selain itu, selalu simpan baterai pada tempat yang kering serta tidak panas atau terkena paparan sinar matahari secara langsung. Tak lupa juga Anda harus menjaga kabel baterai laptop agar tidak mudah rusak. Anda harus selalu berhati-hati saat mencabut kabel charger. Jangan mencopotnya dengan cara disentak atau ditarik pada bagian kabelnya. Jangan pula melilit kabel charger asal-asalan dan terlalu kencang. Saat laptop sedang diisi, jangan pernah Anda membolak balikkan laptop.

5. Lindungi perangkat lunak 
  • Tips terakhir adalah Anda harus melindungi perangkat lunak laptop. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa virus komputer yang dapat mengganggu kinerja laptop Anda. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa antivirus di dalam komputer Anda dapat berfungsi dengan baik. Selanjutnya, Anda juga harus mempelajari up time atau waktu nyala laptop. Up time merupakan salah satu keandalan yang dimiliki oleh sistem operasi. Masing-masing sistem operasi biasanya didukung dengan up time yang berbeda-beda. Biasanya, sistem operasi seperti Linux dan BSD lah yang waktu nyatanya diketahui paling lama. Jangan pernah sembarangan mengunduh program atau aplikasi di internet. Karena seringkali aplikasi tersebut justru membawa virus yang sulit untuk terdeteksi. Gunakan harddisk dengan bijaksana. Jangan menyimpan data-data yang tidak penting pada laptop karena harddisk yang terlalu penuh dapat membuat kinerja laptop melambat.


Demikianlah ulasan mengenai tips agar laptop bisa tahan lama. Semoga informasi kali ini memberikan wawasan yang bermanfaat untuk Anda.


Baca juga : 12 Tips Sebelum Membeli Laptop yang Cocok dan Berkualitas

Blog Post

Klik yang Ini Juga

Back to Top

Cari Artikel

Postingan Populer