Menu Melayang

Baca 12 Tips Ini Sebelum Membeli Laptop yang Cocok dan Berkualitas

tips sebelum membeli laptop baru, tips membeli laptop baru agar tidak tertipu, tips membeli laptop dengan spesifikasi bagus

Saat ini laptop boleh dibilang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi beberapa kalangan. Sebut saja pelajar atau para pekerja kreatif yang harus menyelesaikan pekerjaannya di mana dan kapan saja. Apalagi saat dikejar-kejar deadline.

Tidak hanya kaum profesional saja yang membutuhkan laptop dengan performa yang bagus. Tentunya kita semua ingin membeli laptop yang benar-benar bisa diandalkan untuk menunjang berbagai macam aktifitas dan pekerjaan. Ketika membeli sebuah laptop baru, kita berharap laptop tersebut setidaknya bisa bertahan selama 3 tahun, atau bahkan lebih. Maka dari itu telitilah sebelum membeli.

Banyak faktor yang harus diperhatikan untuk mendapatkan laptop yang berkualitas. Berikut 12 tips membeli laptop yang berkualitas dan awet.


1. Desain Laptop

Sebagian besar orang tentunya tidak ingin melewatkan sebuah inovasi. Ya, saat ini banyak banget model laptop dengan desain yang super tipis, apalagi model 2-in-1 yang bisa dilepas-pasang keyboard-nya. Terlepas dari desainnya yang menggoda, hal terpenting yang harus benar-benar diperhatikan adalah ketahanannya, terutama bagian engsel 360 derajatnya.

Karena itu sangat disarankan, sebelum memutuskan untuk membeli, cobalah terlebih dahulu demo unitnya. Pegang lah body laptop dan rasakan sendiri, apakah laptop tersebut punya desain yang solid atau rapuh. Apalagi buat yang tertarik membeli ultrabook atau perangkat 2-in-1 harus memastikan bahwa laptop yang Anda incar benar-benar punya ketahanan yang bagus, terlebih jika misal sampai terjatuh.



2. Kenyamanan Keyboard

Jangan hanya mengandalkan spesifikasi tinggi atau desain laptop yang sesuai ketika Anda memilih laptop. Ingatlah Anda akan menghabiskan waktu yang lama di depan laptop dengan aktifitas mengetik . Jadi hal yang lebih penting dari sekadar bentuk laptop adalah kenyamanan keyboard-nya.

Anda harus merasakan sendiri, apakah keyboard laptop terasa nyaman di tangan saat digunakan, apalagi buat yang berkutat menulis artikel. Hal-hal seperti jarak antar tombol keyboard, lampu keyboard, maupun tombol keyboard saat ditekan, haruslah benar-benar nyaman digunakan untuk waktu yang lama.



3. Konvensional vs Hybrid

Laptop konvensional memang sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, meskipun dengan desain yang agak merepotkan untuk dibawa serta bobotnya cukup berat. Dengan hadirnya perkembangan perangkat laptop 2-in-1 atau hybrid, memungkinkan bisa memiliki 2 fungsi yaitu serasa memiliki tablet dan notebook dalam ukuran yang nyaman.

Jadi, pilih laptop konvensional atau hybrid? Sesuaikan kembali pada kebutuhan Anda atau pun mungkin kenyamanan pada saat digunakan. Jika memang Anda membutuhkan laptop yang portabel dan hanya untuk pekerjaan yang ringan, mungkin memang cocok menggunakan laptop jenis hybrid ini.



4. Dukungan Fitur Keamanan Tambahan

Buat yang sangat memprioritaskan soal keamanan, carilah laptop dengan fitur keamanan yang lebih kuat. Mengamankan laptop hanya dengan password tentu tidak cukup aman. Karena pengamanan password bisa dengan mudah dijebol. Apalagi di dalam laptop tersimpan data-data penting kita. Tentu ini menjadi perhatian yang cukup serius. Fitur-fitur keamanan tambahan yang ada pada laptop modern misal seperti Fingerprint sensor atau Windows Hello yang merupakan salah satu fitur canggih terbaru di sistem operasi Windows 10.

Windows Hello penggunaannya yakni otentikasi biometrik berupa identifikasi wajah, sidik jari serta iris mata sebagai pengganti password. Hal ini dipastikan lebih aman karena tak hanya membutuhkan software, laptop ini juga membutuhkan dukungan hardware khusus, seperti kamera RealSense 3D dan sensor inframerah sehingga tidak akan bisa dijebol.



5. Ketahui Apa Kebutuhannya

Ketahui dahulu apa kebutuhan Anda sebelum membeli laptop. Apakah hanya untuk browsing, membuka email, dan menulis-nulis artikel ? Atau, untuk keperluan multimedia seperti desain grafis, video editing, bahkan gaming? Beda keperluan, tentu beda juga spesifikasi yang dibutuhkan. Misalnya, jika untuk gamer sejati, pertimbangkan melirik laptop gaming ASUS ROG atau Acer Predator.


6. Spesifikasi Teknis yang Tepat

Saatnya memilih spesifikasi laptop yang tepat setelah mengetahui apa kebutuhan Anda. Misalnya, prosesor dengan kecepatan yang sesuai untuk encoding video, atau VGA khusus untuk gaming. Pastikan juga memilih harddisk dengan kapasitas yang cukup besar untuk menampung semua data. Sementara buat yang membutuhkan kecepatan lebih, pastikan laptop memiliki solid state drive.


7. Portabilitas

Buat yang punya mobilitas tinggi dan harus membawa laptop ke mana pun pergi, pilihlah ukuran dan berat laptop yang sesuai. Hal ini tentu saja agar nyaman dibawa saat di perjalanan. Namun, pastikan desainnya solid dan tidak ringkih, mengingat seringnya dibawa ke mana-mana. Sementara, buat yang jarang membawa laptop ke mana-mana dan lebih banyak menggunakan laptop di kantor atau di rumah, bisa membeli laptop dengan ukuran layar yang lebih besar, misalnya 17 inci.


8. Daya Tahan Baterai

Kebanyakan laptop yang beredar saat ini tidak menawarkan daya tahan baterai yang cukup lama. Maksimal hanya sampai 6-8 jam. Ketahanan baterai ini memang sulit untuk diukur karena ditentukan oleh banyak faktor, terutama aplikasi yang dijalankan dan jenis prosesor yang digunakan. Nantinya, Anda dituntut untuk rajin melakukan perawatan baterai dengan baik untuk menjaga kualitas dan daya tahan baterai agar tetap awet.



9. Kualitas Layar

Hal yang harus diperhatikan mengenai kualitas layar antara lain jenis layar yang digunakan, resolusi layar, dan sudut pandang penglihatan layar. Sangat terlihat adanya perbedaan antara layar pada laptop mahal bila dibandingkan dengan layar pada laptop murah. Warna harus jelas dan monitor harus memiliki berbagai pengaturan brightness untuk menyesuaikan tampilan.



10. Peningkatan Kinerja

Performa laptop biasanya bakal menurun seiring dengan perjalanan waktu. Bagaimana jika kebutuhan Anda akan laptop tiba-tiba meningkat? Nah, kebanyakan laptop tidak akan bekerja dengan baik tanpa adanya upgrade. Biasanya vendor menyediakan kemampuan yang memungkinkan Anda dapat mengganti RAM dan mungkin hardisk. Jadi, cari tahu bagaimana kemampuan upgrade dari laptop dan apakah ada pembatalan garansi dengan melakukan upgrade tersebut.



11. Kelengkapan Konektivitas

Kelengkapan konektivitas juga tak kalah penting. Mulai dari USB, port ini sangat diperlukan karena kebanyakan dari perangkat pendukung lainnya seperti mouse, flashdisk, modem, memory card dan lain sebagainya membutuhkan port USB untuk menyambungkan ke laptop. Jadi, pilihlah laptop yang memiliki port USB setidaknya 3 buah. Selain itu, port pendukung lain yang juga harus ada yakni port HDMI/VGA, port LAN, dan juga WiFi.


12. Garansi dan Layanan Purna Jual

Garansi tentunya juga merupakan hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli laptop. Misal laptop ASUS berani memberikan garansi sampai dengan 2 tahun. Namun, apalah artinya garansi jika tidak diiringi kualitas layanan service center yang memadai? Anda juga harus mencari informasi, mengenai ketersediaan service center terutama di kota Anda. Ini akan mempermudah Anda jika ada kendala atau kerusakan.


Itulah tips membeli laptop yang berkualitas. Semoga bermanfaat.


Source : http://bit.ly/2pW6fqw

Blog Post

Klik yang Ini Juga

Back to Top

Cari Artikel

Postingan Populer