Menu Melayang

9 Kerusakan Laptop Paling Umum dan Solusinya

kerusakan laptop dan cara memperbaikinya, service laptop surabaya, service macbook surabaya, kursus teknisi laptop profesional


9 Kerusakan Laptop dan Cara Memperbaikinya - Ada beberapa kategori kerusakan pada laptop, mulai dari yang biasa, sedang, hingga rusak parah. Tapi kali ini, saya akan membahas kerusakan laptop yang paling umum terjadi.

Biasanya kerusakan yang terjadi pada laptop itu disebabkan oleh kelalaian perawatan pada laptop kita atau kita sengaja mengabaikan perawatan yang mungkin dianggap sepele.

Ada beberapa orang yang mungkin rutin merawat laptopnya tetapi masih saja mengalami masalah atau kerusakan. Nah itu perlu kita cermati, yang sering merawat saja masih mengalami kerusakan apalagi yang mengabaikan perawatan.


Baca juga : Kursus Teknisi Laptop Profesional


Perawatan laptop sendiri bertujuan agar performa laptop tetap stabil dan berumur panjang. Di sini akan saya paparkan beberapa kerusakan laptop paling umum beserta solusinya.


1. Laptop Mati Total
Ini termasuk kategori rusak parah, ketika Anda colok adapter ke laptop lampu indikator tidak menyala, begitu juga ketika menekan tombol power di laptop, tidak ada reaksi, laptop mati, tanpa gambar, suara, dan lampu indikator.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Kerusakan pada AC adaptor dan baterai habis total, coba test dulu kabel adaptor (kabel charge) bisa menggunakan multitester (telusuri di google), jika ternyata rusak cukup ganti adaptor.
  • Konektor colokan untuk charge pada laptop (DC jack) terlepas dari motherboard atau longgar. Atau DC jack rusak sehingga laptop tidak menerima arus listrik/daya dari adaptor. Jika rusak maka ganti saja DC jacknya.
  • Kerusakan pada motherboard atau mungkin jebol, ini sangat fatal kemungkinan tidak bisa di perbaiki.


2. Laptop Mati secara Tiba-tiba
Laptop menyala tetapi tidak menujukan gambar dan beberapa detik kemudian mati dengan sendirinya. Kemudian menyala dan mati lagi.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Hal itu bisa saja terjadi karena beberapa jenis kegagalan pada motherboard. Anda dapat mencoba reseating atau mengganti memori. Jika tidak berhasil kemungkinan besar terjadi kerusakan pada motherboard. Pada kasus yang lain sangat sulit mengganti motherboard, kebanyakan beli laptop yang baru.
  • Atau juga perbaiki laptop anda ke tempat service, dan jika mungkin rusak pada motherboardnya akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk laptop bisa bekerja seperti semula.


3. Laptop Menyala Tetapi Gelap Berwarna Hitam
Pada saat menyalakan laptop semua normal, lampu LED atau lampu indikator menyala, kipas jalan, tetapi layarnya gelap berwarna hitam.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Biasanya masalah ini berkaitan dengan kegagalan memori, kemungkinan dari modul memori gagal, coba Anda reseating modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot.
  • Cobalah melepas modul memori yang terpasang dan coba ganti dengan modul memori yang baru.
  • Apabila reseating ganti modul memori tidak menyelesaikan permasalahan, maka coba lepas harddisknya dan DVD Drive. Kemudian pasang kembali dan nyalakan, apabila masih tetap sama kemungkinan kegagalan pada processor.


4. Laptop Membuat Suara Bising
Laptop semua komponen menyala dengan baik, tetapi terdapat suara berderak atau suara bising pada laptop.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Kemungkinan sumber suara itu bersumber dari kipas pendingin atau drive laptop anda. Coba anda dengarkan suara bising tersebut apabila suara itu hanya terdengar ketika baru di hidupkan, itu berarti ada kerusakan pada fan laptop Anda.
  • Apabila masih terdengar suara bising walaupun saat kipas tidak berputar, kemungkinan terjadi kerusakan pada hard drive.
  • Apabila bingung menentukan, mencari tahu kebisingan berasal dari kipas atau hard drive. Coba lepaskan hard drive dari laptop dan start laptop, tunggu sampai hangat dan kipas mulai bekerja. Jika masih ada suara tersebut kemungkinan besar kipas laptop rusak.


5. Baterai Tidak Mengisi
Baterai laptop tidak mengisi (charge), tidak mengisi sama sekali setelah mengatur adaptor pada laptop.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Bisa terjadi kerusakan pada baterai, jika tidak mengisi sedikitpun.
  • Coba copot baterai dari laptop kemudian coba jalankan laptop hanya menggunakan AC adaptor saja. Apabila laptop berjalan dengan baik kemungkinan baterai rusak, mungkin Anda terlalu sering bermain game di laptop sepanjang hari. Itu yang membuat baterai cepat rusak.
  • Coba periksa kondisi baterai, apakah menggembung atau tidak. Jika baterai dalam kondisi baik kemungkinan ada masalah pada motherboard.
  • Coba dulu ganti baterai. Jika masih tidak mengisi berarti ada problem pada motherboard.


6. Layar Laptop Tampilannya Kacau
Ketika menghidupkan laptop tampilannya aneh, kacau, bahkan goyang-goyang.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Coba uji laptop Anda dengan output gambar pada monitor eksternal, kemungkinan kegagalan kartu grafis.
  • Apabila problem Anda hanya muncul di layar laptop, kemungkinan ada hubungan buruk antara kabel video dan motherboard atau layar LCD gagal atau juga kabel video gagal.



7. Tombol Keyboard Berhenti Bekerja
Laptop bekerja dengan baik, tetapi tombol keyboard tidak bekerja sama sekali atau hanya beberapa tombol saja.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Apabila beberapa tombol mengalami kegagalan, Anda bisa menggunakan Touch Keyboard software bawaan Windows yang bisa di arahkan/diketik oleh kursor.
  • Apabila semua tombol tidak bisa bekerja, kemungkinan tidak bisa di perbaiki, itu harus di ganti. Untuk sementara Anda bisa menggunakan Touch Keyboard.


8. Minuman Tumpah di Laptop
Laptop ketumpahan minuman seperti ; kopi, susu, air, atau teh.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Jika terjadi hal semacam ini, segera matikanlah laptop Anda dan lepas baterai laptop Anda.
  • Angkat laptop lalu bersihkan menggunakan tisu atau kain bersih.
  • Biarkan laptop jangan dihidupkan kembali sampai benar-benar kering.
  • Jangan ada hubungan arus listrik (jangan colokkan AC adaptor ke laptop Anda).
  • Biarkan tetap mati dengan kondisi baterai di lepas.
  • Coba hidupkan laptop Anda jika sudah benar-benar kering.



9. Laptop Berbunyi Aneh Sewaktu Dinyalakan
Ketika Anda menghidupkan laptop, tidak ada video di layar dan laptop membuat suara aneh berulang-ulang. Suara akan berhenti jika Anda menekan salah satu tombol pada keyboard.

Kemungkinan kerusakan dan solusinya :
  • Ada kemungkinan salah satu tombol terjebak pada keyboard. Mungkin anda harus mengganti keyboard.
Demikianlah artikel tentang kerusakan laptop dan bagaimana solusi mengatasinya dan semoga sedikit menambah wawasan Anda di bidang keteknisian laptop.

Jika Anda ingin lebih mahir memperbaiki laptop, ikuti program pelatihan kursus teknisi laptop di tempat kami. Mulai tingkat BASIC sampai ADVANCED. Dijamin Anda akan menjadi Teknisi Laptop yang Handal dan Profesional. Daftarkan diri Anda sekarang juga !

Blog Post

Klik yang Ini Juga

Back to Top

Cari Artikel

Postingan Populer