Menu Melayang

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Konek ke Internet

Cara mengatasi Laptop yang tidak bisa koneksi ke WIFI atau Internet, tempat kursus teknisi laptop, jasa teknisi laptop, tempat service macbook pro



Cara mengatasi Laptop yang tidak bisa koneksi ke WIFI atau Internet - Masalah yang satu ini tidak asing lagi terdengar di telinga kita, yaitu laptop tidak bisa konek ke internet. Dari kebanyakan kasus yang di bahas, biasanya yang paling banyak mendapati problem semacam ini yaitu yang menggunakan sistem operasi Windows 8 atau baru di upgrade.

Windows 8 secara inheren berbeda dengan versi sebelumnya yaitu Windows 7, di Windows 7 tidak banyak mengalami masalah koneksi internet.

Mari kita mulai mengatasi permasalahan ini.


Muncul Pesan Limited Connectivity

Apabila pada laptop Anda muncul pesan yang mengganggu konektivitas terbatas di taks bar pada OS Windows 8, sebenarnya tidak benar-benar sulit untuk mengatasi masalah semacam ini.

Banyak cara untuk mengatasi semua permasalahan, jika cara pertama gagal jangan menyerah, kita coba cara kedua. Penyebab masalah seperti ini bisa apa saja, mulai dari adaptor jaringan nirkabel atau jaringan kabel yang rusak. Coba gunakan cara di bawah ini, semoga membatu anda mengatasi masalah.


Baca juga : 10 Komponen Laptop yang mudah rusak dan solusi memperbaikinya


Cara Pertama :
Menggunakan Troubleshooter

Nah, pertama yang harus anda coba untuk mengatasi masalah tidak konek adalah menjalankan beberapa troubleshooters jaringan pada OS Windows 8, untuk membuka troubleshooter buka kotak pencarian dan ketik troubleshooting, lalu klik pada troubleshooting, pilihan yang pertama.
Kemudian kita lanjutkan dengan mengeklik Network dan Internet. Kemudian anda akan melihat troubleshooters berbeda yang tersedia untuk mengatasi masalah nirkabel dan internet, yang harus kita jalankan yaitu Internet Connections dan Network Adapter.


Cara Kedua :
Reset TCP/IP pada OS Windows 8

Jika cara pertama tidak berhasil, kita coba cara kedua yaitu Reset TCP/IP pada OS Windows 8. Pada saat laptop anda tidak konek, mungkin anda juga mendapati pesan seperti ini ;

“WiFi does not have a valid ip configuration”

Jika seperti ini Anda biasa me-reset TCP/IP Stack dan Winsock kemudian melihat apakah internet berjalan dengan baik. Jika tidak, pilih kotak pencarian – ketikan command prompt – pada daftar pertama klik kanan – pilih Run as Administrator.

Kemudian pada kolom prompt perintah ketik dua perintah berikut ;
  • netsh winstock reset catalog [Enter]
  • netsh in tip reset c:\resetlog.txt [Enter]


Baca juga : Pelajari Keunggulan Program Pelatihan Teknisi Laptop di tempat kami



Cek Network Card Compatibility Center

Apabila cara di atas belum membantu laptop untuk konek ke internet, coba cara ini. Lanjutkan memeriksa untuk melihat apakah kartu jaringan nirkabel Anda kompatibel dengan OS Windows 8 dan mengakses Capability Center.

Kita juga dapat memeriksa Windows RT selain Windows 8, ini lokasi yang bagus untuk memeriksa apabila anda mengalami masalah dengan laptop yang tidak konek, terutama jika muncul tanda seru kuning di davice manager atau jika tidak muncul sama sekali di windows 8.


Cek Network Adapter Setting
Jika semua cara sebelumnya belum mampu mengatasi masalah lakukan cara berikut ini. Buka Network dan Sharing Center, klik Change Adapter Setting, lalu klik kanan pada Adapter jaringan lalu koneksi wireless lalu pilih properties.

Kemudian lanjutkan dengan scrool ke bawah dalam kotak daftar sampai anda melihat Internet Protocol Version 4(TCP/Ipv4) lalu klik tombol properties, dan pastikan Obtain IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically terseleksi.



Demikianlah tips seputar bagaimana cara mengatasi Laptop yang tidak bisa konek ke WIFI atau Internet. Semoga sampai di sini masalah Anda bisa terselesaikan dengan baik.


Baca juga : Keunggulan Service Laptop di JAGO LAPTOP

Blog Post

Klik yang Ini Juga

Back to Top

Cari Artikel

Postingan Populer